Mari terapkan kembali "Budi Pekerti & Kearifan Lokal" - warisan prilaku Nenek Moyang Berbudi Luhur (CH)

Poin Penting

Rabu, 16 Mei 2012

Curug Kawung

Curug Kawung

Curug Kawung

Bebatuan di Curug Kawung
Dengan sedikit mendaki ke atas bebatuan yang cukup besar, akhirnya tiba di Curug paling akhir. Curug itu dikenal dengan nama Kawung.
Namun, sebelum mendekati curug tersebut, pengujung biasanya diminta untuk mencuci muka dan meminum airnya. Tujuannya agar bisa merasakan dingin dan segarnya air yang berasal dari dalam perut bumi tersebut.
“Ini air asli dari perut bumi. Segar dan langsung bisa di minum. Dari curug inilah, air mengalir ke curug-curug lainnya yang ada di bawahnya,” kata Rahmat.
Asal muasal curug ini diberi nama Kawung karena ketika musim penghujan, saat debit air tinggi, rintikan air dari atas air terjun tersebut akan menerpa bebatuan di bawahnya sehingga terdengar seperti mengeluarkan suara yang berbunyi wung.
“wung.. wung.. terdengar seperti kawung, kawung. Kalau airnya deras sekali, seperti aungan harimau,” ujarnya.
Apalagi, menurut Rahmat, di curug tersebut ada batu yang menyerupai bentuk wajah atau kepala harimau. Dipercayai bahwa batu tersebut merupakan penampakan dari Prabu Siliwangi. Harimau memang sering dilambangkan sebagai bentuk kekuatan dari Kerajaan Siliwangi.
Rahmat mengatakan curug ini sejak dulu dipercayai memiliki kekuatan tersendiri, yaitu orang yang mandi ataupun berendam di curug tersebut akan memiliki sifat seperti Harimau. “Berkharisma, ditakuti dan disegani. Tapi juga di sayang karena itulah sifat dari Harimau,” tambahnya.
Selain itu, ada beberapa tempat atau kejadian menarik lainnya yang saya alami selama menjelajah di tempat wisata Curug Nangka yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak tersebut. Diantaranya adalah bebatuan besar yang berada di atas ketinggian, pohon kecubung yang berkhasiat untuk menjernihkan atau mengobati sakit mata, kumpulan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan kera yang bermain di sekitar curug tersebut.

Sumber :  http://rikapanda.wordpress.com/tag/curug-kawung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar